Tips Hindari Penipuan Online Jelang Lebaran Versi OJK Malang

Penipuan online telah menjadi fokus perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, dengan banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait modus penipuan tersebut. Pada bulan Maret 2024, OJK Malang telah memproses sebanyak 1.939 permintaan informasi debitur melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), di mana sebagian besar permintaan tersebut terkait dengan penipuan. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap modus penipuan yang semakin marak di dunia maya.

baca juga: Penantian 26 Tahun, Sengketa Tanah Kebun Kalibakar Malang Berakhir Damai

Tips Hindari Penipuan Online Jelang Lebaran Versi OJK Malang
sumber gambar: surya malang

Ada empat modus penipuan yang sering terjadi di tengah masyarakat. Pertama, melibatkan transfer dana pinjaman online ke pihak yang tidak memiliki keterlibatan dalam peminjaman, diikuti dengan teror dari oknum debt collector. Kedua, melibatkan penawaran pekerjaan paruh waktu yang menjanjikan penghasilan, namun meminta masyarakat untuk melakukan setoran uang (deposit) terlebih dahulu. Ketiga, melibatkan penawaran produk atau layanan yang diduga berasal dari lembaga berizin, namun pada kenyataannya palsu dan bertujuan untuk mencuri data pribadi dan dana. Keempat, melibatkan penawaran hadiah dari marketplace oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan maksud meminta sejumlah uang agar hadiah tersebut dikirimkan.

OJK Malang juga mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap kejahatan digital, terutama yang sering terjadi selama bulan Ramadan. Beberapa modus kejahatan digital yang perlu diwaspadai meliputi social engineering, card tapping, phishing, dan skimming. OJK Malang siap untuk menindaklanjuti laporan terkait kejahatan tersebut, termasuk dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Kepolisian dan Kominfo. Masyarakat juga diberikan tips untuk menghindari kejahatan digital, seperti tidak memberikan informasi pribadi secara sembarangan dan mengganti password secara berkala.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hindari Penipuan Online Jelang Lebaran Versi OJK Malang "

Post a Comment