Fakta-fakta dan Penjelasan Lengkap Gempa Malang Magnitudo 5,3

BMKG telah memperbarui informasi mengenai gempa Malang yang awalnya memiliki magnitudo 5,3 menjadi magnitudo Mw=5,1. Gempa tersebut terjadi di laut, 75 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 98 km. Dampak guncangan gempa dirasakan di beberapa wilayah dengan tingkat intensitas III-IV MMI di Blitar, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, dan Trenggalek dengan tingkat II-III MMI.

baca juga: Pemkot Malang Luncurkan Gerakan Pangan Murah Tekan Harga Tinggi

Fakta-fakta dan Penjelasan Lengkap Gempa Malang Magnitudo 5,3
sumber gambar: kompas

Gempa ini merupakan jenis gempa kedalaman menengah yang disebabkan oleh deformasi atau patahan pada slab lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah lempeng Eurasia. Analisis menunjukkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya relatif kecil pada kedalaman menengah, sehingga tidak mengganggu kolom air laut.

Meskipun tidak termasuk dalam kategori gempa megathrust karena pusatnya tidak berada pada bidang kontak antar lempeng, gempa ini terjadi di zona benioff, yaitu pada bagian lempeng yang sudah mulai menukik. Gempa dengan magnitudo 5,1 tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan rumah warga di Kabupaten Blitar, termasuk bangunan musholla di Kecamatan Binangun dan kantor desa di Kecamatan Panggungrejo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta-fakta dan Penjelasan Lengkap Gempa Malang Magnitudo 5,3"

Post a Comment