ETLE Statis Malang Diaktifkan, Siap Siap Pelanggar Lalu Lintas

Satlantas Polresta Malang Kota telah mengaktifkan sistem kamera tilang elektronik, atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) statis, yang terletak di Jalan Ahmad Yani (Simpang Tiga Masjid Sabilillah) Kota Malang untuk mengawasi pelanggaran lalu lintas. Kompol Aristianto Budi Sutrisno, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, menjelaskan bahwa aktivasi ETLE dilakukan setelah melakukan asesmen dari Korlantas Polri. Pada Rabu (27/3/2024), asesmen tersebut dilakukan oleh Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Matrius, yang melibatkan koneksi dan sinkronisasi data dengan ETLE Nasional.

baca juga: Pemkot Malang Siapkan Jalan Soekarno-Hatta Jadi Destinasi Wisata Milenial

ETLE Statis Malang Diaktifkan, Siap Siap Pelanggar Lalu Lintas
sumber gambar: suryamalang

Sistem ETLE statis kini telah aktif dan mampu merekam pelanggaran lalu lintas di lokasinya. Proses kerjanya melibatkan rekaman pelanggaran yang kemudian diikuti dengan pengiriman surat konfirmasi langsung ke alamat pemilik kendaraan. Setelah menerima surat tersebut, pemilik kendaraan diminta untuk mengonfirmasi apakah pelanggaran tersebut benar dilakukan oleh kendaraannya atau sudah dijual. Jika kendaraan telah dijual, akan dilakukan pengecekan dan tindakan blokir.

Aristianto menjelaskan bahwa kamera ETLE statis telah dilengkapi dengan teknologi canggih yang mampu merekam pelanggaran lalu lintas, bahkan jika mobil dilengkapi dengan kaca film. Selama uji coba selama 30 menit, sekitar 20 pelanggaran terdeteksi, dengan pelanggaran terbanyak adalah pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Satlantas Polresta Malang Kota berencana untuk terus melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE statis, termasuk selama masa mudik libur Lebaran. Masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi aturan dan tertib berlalu lintas, dengan pengemudi diminta untuk menggunakan sabuk pengaman sebagai langkah pencegahan kecelakaan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ETLE Statis Malang Diaktifkan, Siap Siap Pelanggar Lalu Lintas"

Post a Comment