Bukan Cari Kemenangan, Ini Tujuan Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berencana untuk mengajukan gugatan terhadap hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam Pilpres tersebut, Ganjar-Mahfud memperoleh suara terendah dengan persentase 16,47. Namun, Mahfud MD menegaskan bahwa tujuan dari gugatan ini bukan untuk mencari kemenangan, melainkan untuk hal yang lebih luas daripada sekadar hasil pemilihan.

Menurut Mahfud, gugatan ini dimaksudkan untuk memperjuangkan masa depan demokrasi Indonesia yang lebih sehat. Pengungkapan dugaan kecurangan Pemilu 2024 melalui MK dianggapnya penting demi keadilan dan keberlangsungan demokrasi di negara ini. Mahfud berpendapat bahwa warga dan bangsa Indonesia harus aktif dalam menjaga keadilan dan demokrasi, serta membangun negara yang berkeadilan dan berhukum.

baca juga: Pemkab Malang Luncurkan Program Mudik Gratis Idul Fitri 1445H, Ini Rutenya

Bukan Cari Kemenangan, Ini Tujuan Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK
sumber gambar: kompas

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menilai bahwa pemilu kali ini lebih brutal dibandingkan sebelumnya, dengan banyaknya intervensi dan upaya dari pejabat dan aparat untuk memenangkan calon tertentu. Mahfud menekankan pentingnya mengungkap tindakan-tindakan semacam itu guna mencegah perusakan terhadap demokrasi dan hukum di masa depan.

Todung Mulya Lubis, Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, menyatakan bahwa niatan untuk mengajukan sengketa ke MK bukanlah tentang menang atau kalah. Mereka merasa terdapat kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2024, seperti politisasi bansos dan kriminalisasi terhadap kepala desa yang mengarahkan pemilih untuk memilih kandidat tertentu. Todung berharap MK memberikan kesempatan bagi Ganjar-Mahfud untuk mengungkap segala bentuk kecurangan yang terjadi, dengan tidak hanya memfokuskan pada perbedaan perolehan suara antarkandidat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukan Cari Kemenangan, Ini Tujuan Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK "

Post a Comment