Tutorial Cara Daftar BPJSTKU, Mulai dari Daftar Hingga Cek Saldo

 


BPJSTKU merupakan aplikasi pendukung yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini dapat digunakan di android maupun Apple dengan cara mendownloadnya di play store. Lantas, bagaimana cara daftar BPJSTKU? Baca selengkapnya di bawah ini!

Tutorial Cara Daftar BPJSTKU, Mulai dari Daftar Hingga Cek Saldo



Langkah-Langkah Cara Daftar BPJSTKU


baca juga: Calon Mitra Wajib Tahu! Inilah Syarat Dan Cara Daftar Gojek

1. Memahami Manfaat Aplikasi


Aplikasi BPJSTKU dibuat khusus untuk masyarakat agar mudah saat melakukan pendaftaran dan bisa bisa mengaksesnya dengan mudah. Sebelum mengetahui cara daftar BPJSTKU, sebaiknya kita juga memahami apa saja manfaat yang diberikan dan tujuan dari adanya aplikasi ini.


Aplikasi BPJSTKU ini akan membantumu untuk dapat menikmati layanan dari BPJS. Beberapa manfaat di antaranya JHT atau jaminan di hari tua, kemudia JKK atau jaminan kecelakaan kerja, lalu ada juga jaminan kematian dan jaminan pensiun. Beberapa manfaat lainnya yaitu mudah mengecek saldo, dan memudahkan perhitungan simulasi JHT.


2. Memahami Syarat Mendaftar BPJSTKU


Sebelum menuju cara daftar BPJSTKU, kita harus memahami dokumen apa saja yang dibutuhkan. Dokumen ini merupakan data pribadi yang harus kita penuhi saat ingin mendaftar di BPJSTKU. Jadi, agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan cepat, persiapkan dengan baik, ya!


Nah, beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu KTP atau kartu tanda penduduk, nomor telepon yang aktif, alamat email yang biasa digunakan dan nomor peserta KPJ atau bisa menggunakan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dokumen ini sangat penting saat akan mendaftar di BPJSTKU.


3. Memahami Cara Pendaftaran


Selanjutnya cara daftar BPJSTKU, unduh dahulu aplikasinya di play store. Kemudian buka aplikasinya. Saat tampilannya mulai muncul, pilih bagian pendaftaran pengguna. Masukkan alamat email yang valid, segera cek email untuk proses aktivasi akun. Jika sudah ada konfirmasi, masukkan kode PIN di email pada akun BPJSTKU dan verifikasi.


Jika kamu sudah melakukan proses di atas, selanjutnya login di BPJSTKU dengan menggunakan PIN. Kemudian lengkapi berbagai informasi data keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Masukkan juga nomor kartu BPJS yang benar, ketik juga nomor telepon yang aktif dan cek SMS pada nomor telepon  untuk verifikasi. Jika sudah sampai di tahap ini, maka akun sudah bisa digunakan.


4. Memahami Berbagai Fiturnya


Setelah memahami cara daftar BPJSTKU, sebaiknya kita juga memahami berbagai fitur dalam aplikasi. Beberapa fiturnya yaitu adanya kartu digital pada aplikasi. Fitur ini akan memudahkanmu ketika harus menunjukkan kartu BPJS. Di sana akan terlihat kartu virtual dengan data berisi nama lengkap, nomor peserta, nomor KTP dan tanggal saat mendaftar jadi peserta.


Fitur lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu cek saldo JHT, kamu bisa mengecek saldo kapanpun melalui smartphone. Selain mengecek saldo, kamu juga bisa melakukan klaim melalui aplikasi BPJSTKU ini. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot antre di kantor untuk melakukan klaim. Fitur terakhir yaitu adanya simulasi JHT, jadi kamu bisa melakukan perhitungan, sebelum mencoba layanan, ya!



Tutorial Cara Daftar BPJSTKU, Mulai dari Daftar Hingga Cek Saldo

5. Cara Mengecek Saldo di BPJSTKU


Salah satu layanan di aplikasi BPJSTKU yaitu bisa mengecek jaminan hari tua atau JHT dengan mudah. Nah, untuk mengecek saldonya yaitu buka dahulu aplikasi BPJSTKU. Kemudian ketikkan PIN yang sudah digunakan. Setelah terbuka halaman utama, klik tulisan lihat saldo dan keterangan saldo akan langsung terlihat.


Dengan membaca cara daftar BPJSTKU di atas, kamu akan bisa mendaftar dan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan layanan dari BPJS melalui aplikasi dengan mudah. Nah, sudah sampai mana prosesmu untuk mendaftar akun di aplikasi BPJSTKU?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Daftar BPJSTKU, Mulai dari Daftar Hingga Cek Saldo"

Post a Comment