Tingkatkan Kompetensi Gratis! Inilah Cara Daftar Kartu Prakerja 2024 Lewat HP

 

Untuk bisa memberikan peningkatan keterampilan bagi para pelajar, mahasiswa maupun pekerja, pemerintah menerapkan program prakerja yang menyediakan berbagai bidang pelatihan. Pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi dan memahami cara daftar kartu prakerja. Berikut adalah cara daftar kartu prakerja 2024 lewat HP.

Tingkatkan Kompetensi Gratis! Inilah Cara Daftar Kartu Prakerja 2024 Lewat HP

Apa Itu Kartu Prakerja?

baca juga: Memahami Kegunaan dan Cara Daftar BRImo Lewat HP Termudah

Untuk proses pengajuan pendaftaran seleksi prakerja ini masih tetap sama dengan tahun tahun sebelumnya. Seperti yang diketahui bahwa program ini sudah berjalan sejak 11 April 2020. Sudah banyak pelajar, mahasiswa atau pekerja yang terbantu dengan adanya program ini. Peningkatan kompetensi yang sesuai minat dan jenjang karir bisa dilakukan dengan mudah. 

Agar bisa mengikuti seleksinya maka hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan membuat akun di situs resmi prakerja https://www.prakerja.go.id/. Pastikan bahwa Anda selalu update dengan informasi gelombang pendaftarannya. Informasi tersebut biasanya akan selalu dibagikan melalui situs media sosial instagram resmi milik prakerja.

Prose spengajua gelombang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah jika sudah memiliki akun. Itulah mengapa penting untuk bisa mengetahui cara daftar prakerja 2024 lewat HP. Hal yang bisa diperoleh oleh peserta yang lolos seleksi gelombang prakerja yaitu berupa nomor kartu prakerja dan sejumlah saldo yang tertulis pada halaman dashboard akun.

Saldo tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan minat peserta. Setiap pelatihan memiliki harga yang berbeda beda dan saldo akan berkurang setelah menentukan jenis pelatihan yang ingin diikuti. Tidak hanya sekedar mengikuti pelatihan, peserta juga akan mendapatkan fee bulanan dan tambahan ketika mengisi kuesioner tanggapan setelah pelatihan.

Dapat dikatakan bahwa program prakerja ini merupakan program beasiswa pelatihan yang diberikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk bisa meningkatkan keterampilan tenaga kerja Indonesia. Pelatihan ini bisa diikuti secara online maupun tatap muka. Semua sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 tahun 2022. 

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui cara daftar kartu prakerja 2024, perlu untuk menyiapkan berbagai persyaratan pendaftaran. Beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi diantaranya yaitu terdaftar sebagai warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang  terdaftar atau menempuh pendidikan formal. 

Calon peserta yang boleh mengikuti seleksi ini adalah individu yang sedang mencari pekerjaan, pekerja atau pegawai yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi termasuk para pemilik usaha UMKM. Peserta yang boleh melakukan pendaftaran juga dipastikan tidak sedang menerima jenis bantuan sosial lainnya.

Para pejabat, ASN, pimpinan dan anggota DPRD dan pejabat lainnya tidak diperkenankan untuk mengikuti prakerja ini. dalam 1 kartu keluarga, maksimal hanya 2 orang yang boleh menerima kartu prakerja. Jika seluruh persyaratan yang disebutkan diatas sudah terpenuhi maka Anda bisa melanjutkan artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara pendaftaranya.

Tingkatkan Kompetensi Gratis! Inilah Cara Daftar Kartu Prakerja 2024 Lewat HP


Cara Daftar Prakerja dengan Mudah Lewat HP

Langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pendaftaran yaitu dengan membuka website www.prakerja.go.id. Setelah itu pilih daftar bagi yang belum memiliki akun. Tambahkan data diri berupa NIK, Kartu Keluarga, Foto KTP, nomor telepon dan berbagai identitas lainnya. Lengkapi semua keperluan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendaftaran.

Jika cara daftar kartu prakerja 2024 lewat hp berhasil, silahkan masuk ke akun yang baru dibuat. Ikuti tes motivasi dan juga kemampuan dasar. Jika ada gelombang yang dibuka maka Anda bisa langsung pilih gabung gelombang dan tunggu pengumuman kelulusannya. Jika tidak ada gelombang maka Anda perlu rajin membuka akun agar tidak ketinggalan gelombang.

Informasi pembukaan gelombang biasanya akan disampaikan melalui akun instagram resmi prakerja. Pelatihan yang didapatkan akan sangat membantu untuk bisa meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerja.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkatkan Kompetensi Gratis! Inilah Cara Daftar Kartu Prakerja 2024 Lewat HP"

Post a Comment