Simak Cara Daftar Kartu Pra Kerja, Hanya Lewat HP!

 salah satu inovasi dari pemerintah Indonesia adalah program Kartu Prakerja. Program ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan dan bantuan finansial. 

Namun, beberapa orang terkadang kesulitan ketika mendaftar kartu pra kerja ini. Proses pendaftaran akun kartu pra kerja tidak dipungut biaya apapun, dan dapat dilakukan secara mandiri melalui website yang telah disediakan. Bagi Anda yang ingin daftar tidak perlu khawatir, simak cara daftar Kartu Pra Kerja hanya lewat HP.

Simak Cara Daftar Kartu Pra Kerja, Hanya Lewat HP!


Cara Daftar Kartu Pra Kerja Lewat HP

baca juga: Praktis Dan Mudah, Ini Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel yang Harus Kamu Tahu!

Sejak dibuka pada 11 April 2020 lalu, program pra kerja sangat dicari-cari karena dinilai memiliki banyak manfaat bagi para pencari kerja. Program ini hadir ketika saat pandemic Covid-19 melanda Indonesia. Tercatat sebanyak 14,9 juta jiwa penduduk telah memanfaatkan program Kartu Prakerja ini.

Berdasarkan surat edaran Kementrian Koordinasi Bidang perekonomian HM.4.6/559/SET.M.EKON.3/10/2022 yang menyatakan bahwa insentif prakerja yang diberikan naik menjadi Rp. 4.200.000 per orang pada tahun 2023. Bagi Anda yang ingin tahu cara daftar Kartu Pra Kerja lewat hp, ikuti cara dibawah ini:

  1. Siapkan Dokumen penting

Pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan untuk mendaftar kartu pra kerja. Dokumen ini biasanya mencakup KTP, NIK, KK, dan NPWP.

  1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Pastikan koneksi internet atau terhubung dengan Wifi yang lancar. Koneksi internet yang lancar akan mempermudah Anda agar tidak ada trouble atau gangguan dalam proses pendaftaran.

  1. Unduh aplikasi resmi Kartu Prakerja

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi resmi Kartu Prakerja. Aplikasi ini dapat Anda temukan di google play store untuk pengguna android atau App Store untuk pengguna iOS. Atau gunakan website www.prakerja.go.id.

  1. Registrasi Akun

setelah mengunjungi website atau aplikasi, langkah selanjutnya adalah daftar dengan mengisi informasi pribadi. Pastikan mengisi data dengan benar dan sesuai dengan dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Jika sudah memiliki akun, Anda dapat langsung untuk “Masuk” menggunakan email dan password yang sudah terdaftar.

  1. Tes motivasi dan kemampuan dasar

Langkah selanjutnya, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Lalu klik “gabung gelombang” jika gelombang pendaftaran telah dibuka. 

  1. Konfirmasi

Setelah langkah-langkah selanjutnya telah dilakukan, tunggu konfirmasi atau pengumuman kelulusan. Biasanya penyelenggara akan melakukan evaluasi sebelum melakukan pengumuman.

  1. Klaim Manfaat

Setelah berhasil menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat mengajukan klaim keuangan yang diberikan sesuai dengan program Kartu Pra Kerja. Biasanya Anda akan mendapatkan nomor Kartu Pra Kerja dan saldo pada dashboard akun. 

Simak Cara Daftar Kartu Pra Kerja, Hanya Lewat HP!


Syarat Daftar Kartu Prakerja

  1. Warga Negara Indonesia

  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih aktif.

  3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun.

  4. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

  5. Sedang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), menganggur, dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, dan pelaku usaha mikro dan kecil

  6. Bukan pejabat negara seperti ASN, pegawai BUMN, pegawai BUMD, Polisi/TNI, anggota Legislatif, perangkat desa, dan pejabat tinggi negara lainnya.

  7. Dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya dua NIK yang bisa menerima program prakerja ini.

Nah, itulah cara daftar Kartu Pra Kerja yang harus Anda ketahui jika ingin mengikuti program pemerintah yang satu ini. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat mendaftar Kartu Pra Kerja dengan mudah hanya lewat hp. Manfaatkan program ini dengan bijak, dan jangan ragu untuk menggunakannya selama memberikan banyak keuntungan. Semoga berhasil!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simak Cara Daftar Kartu Pra Kerja, Hanya Lewat HP!"

Post a Comment