Praktis! Cek Syarat dan Cara Daftar My Pertamina dengan Mudah


Di masa yang serba canggih ini, Pertamina mulai mewajibkan penggunaan aplikasi my pertamina bagi mereka yang ingin mendapatkan subsidi bahan bakar solar dan pertalite. Agar proses pendaftaran berjalan lancar, kita perlu memahami syarat dan cara daftar my pertamina. Bagaimana cara pendaftarannya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Praktis! Cek Syarat dan Cara Daftar My Pertamina dengan Mudah



Syarat-syarat dan Cara Daftar My Pertamina


baca juga: Butuh Anggaran Dana? Ini Cara Daftar Kredivo dengan Mudah dan Cepat!

1. Memahami BBM Subsidi


Sebelum mengetahui cara daftar my pertamina, kita juga harus memahami apa itu BBM subsidi dan diperuntukkan bagi siapa saja. BBM subsidi merupakan bahan bakar yang diberi harga khusus bagi pengguna tertentu. Bahan bakar yang digunakan yakni pertalite dan solar.


Beberapa pengguna yang bisa mendapatkan BBM subsidi yaitu berbagai transportasi darat, seperti kendaraan pribadi, kendaraan dengan plat kuning, kendaraan angkut barang dengan jumlah roda tidak lebih dari 6, dan mobil layanan umum untuk masyarakat. Kemudian usaha perikanan, para pemerintah, transportasi air, usaha pertanian hingga usaha mikro.


2. Memenuhi Syarat Pendaftaran


Sebelum menuju cara daftar my pertamina, kita juga harus memahami persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan. Tujuannya, agar ketika mendaftar jadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, saat memasukkan data juga harus berhati-hati agar tidak ada kesalahan, ya.


Nah, beberapa syarat pendaftaran yang harus dipenuhi yaitu KTP atau kartu tanda penduduk. Karena berkaitan dengan kendaraan, kita juga harus menyiapkan STNK atau surat tanda nomor kendaraan, foto uji kendaraan bermotor, foto kendaraan yang digunakan, foto nomor polisi kendaraan dan surat rekomendasi bagi yang tidak digunakan untuk kendaraan.


3. Memahami Cara Daftar Akun


Setelah dokumen disiapkan, kamu bisa mengunjungi laman website subsiditepat.mypertamina.id. Kemudian baca penjelasan yang muncul pada layar dan beri tanda centang. Kemudian klik daftar sekarang. Masukkan dengan hati-hati data KTP beserta unggah foto pribadi. Setelah itu masukkan kata sandi dan klik selanjutnya.


Kemudian pilih jenis subsidi sesuai kebutuhan dan klik bagian customer. Unggah data pribadi kendaraan, seperti STNK, foto kendaraan dan nomor polisi. Begitupun bagi kamu yang menggunakan surat rekomendasi. Setelah itu masukkan kata sandi dan klik selanjutnya. Berikan centang pada tempat persetujuan dan klik daftar pengguna BBm subsidi. Setelah itu, kamu hanya tinggal menunggu konfirmasi dari petugas dan mengunduh aplikasi. Sangat mudah bukan?


4. Bisa Mendaftar Secara Langsung


Cara daftar my pertamina juga bisa secara langsung atau offline. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan datang ke kantor pertamina. Namun, tidak semua pertamina dapat melayani pendaftaran ini, maka kamu harus menelusuri dahulu kantor pertamina mana saja yang bisa menerima pendaftaran langsung.



Praktis! Cek Syarat dan Cara Daftar My Pertamina dengan Mudah

5. Tata Cara Saat Pembelian


Jika kamu sudah mendapatkan konfirmasi dari petugas pertamina, maka selanjutnya kamu bisa mulai membeli BBM subsidi. Tata cara pembelian BBM subsidi ini yaitu dengan membuka aplikasi atau laman subsiditepat.mypertamina.id. Kemudian tunjukan QR kode subsidi yang sudah kamu dapatkan kepada operator di SPBU. Kamu juga bisa membawa selebaran kertas berisi QR kode, ya!


Kemudian bisa melakukan pengisian solar ataupun pertalite pada kendaraan. Lalu lengkapi pembayaran dengan cara tunai ataupun menggunakan kartu dan alat bayar online lainnya. 


Itulah syarat-syarat dan tata cara daftar my pertamina. Dengan memanfaatkan penjelasan di atas, kamu bisa mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari dan melakukan pendaftaran dengan cepat. Proses konfirmasi akan kamu dapatkan pada jam bekerja, bagaimana pendapatmu tentang BBM subsidi menggunakan my pertamina ini?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Praktis! Cek Syarat dan Cara Daftar My Pertamina dengan Mudah"

Post a Comment