Mudah! Begini Cara Daftar IMEI di Kemenperin Secara Resmi Lewat Hp

Apakah anda sebelumnya pernah mendengar sebutan IMEI? IMEI merupakan nomor identifikasi atau nomor seri identitas sebuah hp. Pasalnya IMEI perlu melakukan proses verifikasi dan pemberlakuan sinkronisasi secara resmi. Lalu, bagaimana cara daftar IMEI di Kemenperin secara mudah lewat hp, simak penjelasan berikut ini.

Cara Daftar IMEI di Kemenperin

 

Cara Mudah Daftar IMEI hp di Kemenperin Dengan Aman dan Cepat

1. Cek Nomor IMEI HP Terlebih Dahulu Sebelum Mendaftarkan IMEI

Cara Cek Nomor IMEI untuk Hp Android

Jika anda salah satu pengguna hp android, anda bisa mengikuti Langkah ini untuk mengecek nomor IMEI terlebih dahulu apakah sudah terdaftar. Buka menu setting pada layar hp anda kemudian pilih menu tentang telepon. Pilih menu status dan klik informasi IMEI, jika sudah terlihat dan terdapat dua slot SIM card, berarti terdapat dua seri nomor IMEI.

Cara Cek Nomor IMEI untuk Iphone

Jika anda pengguna iphone, anda bisa mengikuti Langkah mudah ini untuk mengecek nomor IMEI pada hp anda. Sebelum mendaftar dengan cara daftar IMEI yang benar, buka terlebih dulu menu pengaturan, pilih menu umum, dan masuk pada menu tentang hp. Cari nomor seri IMEI anda, umumnya iphone menggunakan IMEI/MEID dan ICCID pada bagian bawah.

2. Melakukan Tahapan Pendaftaran IMEI Secara Tepat Sesuai Persyaratan

Syarat Mendaftarkan IMEI

Setiap individu warna negara asli Indonesia maksimal membeli 2 unit ponsel dari luar negeri. Nilai kedua unit ponsel tidak boleh melebihi 500 dolar AS. Jika melebihi batas nilai patokan maksimal maka individu siap menerima resiko penyitaan barang. Biaya yang melebihi batas maksimal akan dikenai biaya PPN 10 persen serta PPH 7,5 persen.

Setiap unit ponsel yang dimasukkan melalui jasa kirim, maka pihak Bea Cukai akan memeriksa dan melakukan proses registrasi IMEI. Bagi wisatawan atau turis asing tidak perlu melakukan cara daftar IMEI ulang. Sehingga apabila datang ke Indonesia bisa melakukan pendaftaran SIM di gerai operator terdekat yang telah mendapat izin akses.

3. Mendaftarkan IMEI Hp Lewat Situs Kemenperin

Bagi anda yang ingin mudah melakukan pendaftaran IMEI tanpa harus datang ke tempat Kemenperin, kini tersedia lewat situs resmi kemenperin yang aman dan terpecaya. Langkah awal yang pelu anda lakukan adalah mengunjungi laman resmi kemenperin. Masukan nomor IMEI hp yang sesuai dan benar yang sebelumnya telah anda cek di hp.

Pilih tombol enter. Kini IMEI anda sudah terdaftarkan secara aman dan cepat. Pendaftaran IMEI lewat situs Kemenperin tidak dikenai biaya bagi pembelian dari dalam negeri. Namun apabila ada kewajiban untuk impor, anda perlu memenuhi pembayaran termasuk Bea Masuk dan pajak, sesuai dengan ketentuan yang terlah berlaku.

4. Mendaftarkan IMEI Hp Lewat Operator Seluler.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan IMEI Hp tanpa perlu lagi ke Bea cukai adalah dengan menggunakan cara daftar IMEI melalui operator seluler. Cara ini diperuntukan warga negara asing atau manca negara untuk mendaftarkan IMEI hp dengan mendatangi kantor resmi dari operator telekomunikasi yang digunakannya.

Pengguna perlu menyiapkan berkas diantaranya seperti paspor, dan pas foto. Mudahnya, para pendaftar tidak akan dikenakan pajak apapun dari layanan operator seluler telekomunikasi. Hal ini tentu mempermudah wisatawan asing ketika berkunjung di Indonesia. Itulah, beberapa tips mudah mendaftarkan IMEI lewat Hp denga naman, semoga membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mudah! Begini Cara Daftar IMEI di Kemenperin Secara Resmi Lewat Hp"

Post a Comment