Syarat dan Cara Daftar Prakerja Online Terbaru, Praktis Bisa Lewat HP!

Pada akhir Juli 2023 ini program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang 58, yang dibuka pada tanggal 28 Juli dan ditutup pada 31 Juli. Bagi anda yang belum pernah mengikuti program tersebut, caranya sangat mudah dan praktis karena bisa dilakukan secara daring lewat HP. Berikut yuk simak syarat dan cara daftar Prakerja online terbaru.

Syarat Daftar Prakerja 2023

Syarat Daftar Prakerja 2023

1. WNI (Warga Negara Indonesia) minimal berusia 18 tahun.
2. Dalam 1 KK (Kartu Keluarga) maksimal 2 anggota keluarga yang menjadi penerima Prakerja.
3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
4. Bukan ASN, pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, kepala desa dan perangkat desa, maupun dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.
5. Sedang mencari pekerjaan, pekerja yang terkena PHK atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Cara Daftar Prakerja

1. Buat Akun

Apabila belum memiliki akun, maka anda perlu membuat akun terlebih dahulu untuk mendaftar Prakerja. Caranya yaitu buka situs www.prakerja.go.id dan pilih menu ‘Daftar’ dan isi nama, alamat email, juga kata sandi. Untuk konfirmasi akun email, anda bisa cek kotak masuk di email anda dan kembali ke situs Prakerja apabila sudah dikonfirmasi.


2. Lengkapi Data Diri

Cara daftar Prakerja online berikutnya yaitu melengkapi data diri setelah anda masuk menggunakan akun yang sudah dibuat. Data diri yang diminta di sini mencakup NIK (Nomor Induk Kependudukan), KK (Kartu Keluarga), nomor HP aktif, alamat tempat tinggal, pendidikan, status pekerjaan, dan foto KTP. 

Syarat Daftar Prakerja 2023

 

Saat mengunggah foto KTP, jangan lupa perhatikan ketentuannya supaya proses verifikasi berjalan lancar. Di sini anda juga perlu melakukan verifikasi wajah dengan ‘scan wajah’ mengikuti arahan yang tertera di layar. Untuk verifikasi nomor handphone, nantinya anda akan mendapat kode OTP 6 digit yang dikirimkan melalui SMS.

3. Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Apabila sudah membuat akun, maka anda bisa masuk menggunakan email dan password. Selanjutnya di sini anda diminta untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar terlebih dahulu. Jadi anda dapat menyiapkan kertas dan alat tulis untuk berjaga jaga guna mempersiapkan diri mengikuti tes.

4. Gabung Gelombang

Apabila pembukaan gelombang telah dibuka, maka nanti akan muncul pilihan ‘Gabung Gelombang’. Tinggal klik saja dan tunggu sampai ada konfirmasi selanjutnya. Biasanya pihak penyelenggara akan melakukan evaluasi setelah gelombang ditutup, baru kemudian pengumuman kelulusan.

Jadi perlu diketahui bahwa cara daftar Prakerja online ini hanya dapat dilakukan saat gelombang sedang dibuka. Anda mungkin bisa saja membuat akun kapan saja, tapi pendaftaran gelombang tetap hanya bisa dilakukan di antara waktu tersebut. Contohnya gelombang 58 yang dibuka antara tanggal 28-31 Juli, maka anda hanya dapat gabung gelombang di antara tanggal ini.

Sebagai tambahan informasi, nantinya anda akan mendapatkan nomor kartu Prakerja serta saldo di dashboard akun apabila dinyatakan lolos seleksi gelombang. Jadi cek di laman kartu Prakerja anda pada saat pengumuman kelulusan untuk mengetahuinya. Saldo ini nantinya bisa digunakan untuk mengikuti program beasiswa pelatihan dari pemerintah.

Cara daftar Prakerja online tersebut menawarkan manfaat total senilai Rp. 4.200.000. Selain bantuan biaya pelatihan sebesar Rp. 3.500.000 dalam bentuk saldo nontunai, anda juga akan mendapat insentif biaya mencari kerja yang ditransfer ke rekening bank atau e-wallet, dan insentif pengisian survei evaluasi apabila dinyatakan lolos program.

Demikian penjelasan mengenai cara dan cara daftar Kartu Prakerja secara online yang dapat dilakukan langsung lewat HP. Tidak sulit bukan ? Jadi yuk daftarkan diri anda sekarang apabila membutuhkan bantuan mencari kerja. Program ini juga akan membantu meningkatkan kompetensi yang dimiliki, sehingga anda bisa lebih bersaing di dunia kerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat dan Cara Daftar Prakerja Online Terbaru, Praktis Bisa Lewat HP!"

Post a Comment